Options-tips belanja on-line agar tidak kena tipu

Options-tips belanja on-line agar tidak kena tipu – Jaman sekarang, banyak dari kamu yang memilih membeli barang secara on-line. Lebih praktis, tidak perlu ke toko, hanya perlu bayar dengan kartu dan tunggu barang datang. Namun, banyak juga lho orang yang masih belum tahu cara aman berbelanja di toko on-line. Kalau tidak hati-hati, kamu bisa tertipu dan rugi. Bisa jadi barang tidak sesuai dengan gambar, atau malah barang nggak datang sama sekali padahal kamu sudah bayar!

Nggak mau ‘kan, kamu tertipu dan jadi korban belanja on-line? Makanya, simak suggestions dari Ini ada web optimization kali ini supaya kamu jadi pembeli yang pintar!

1. Percayakan uangmu pada situs yang memang terpercaya dan aman

  • Percayakan uangmu pada situs yang memang terpercaya
  • Percayakan uangmu pada situs yang memang terpercaya by way of www.shopify.com
  • Saat ini banyak sekali situs jual-beli yang menjual berbagai macam barang. Mulai dari produk makanan, pakaian, elektronik, dan keperluan rumah tangga tersedia dalam satu situs. Ada juga yang membuka lapak di Fb dan Instagram. Sebelum kamu memutuskan membeli barang, pastikan bahwa situs atau penjual yang berhubungan denganmu itu memang terpercaya.

Bagaimana kamu bisa tahu bahwa situs itu terpercaya? Pastikan bahwa situs tersebut mencantumkan alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Selain itu, shopping dulu ulasan dari orang-orang yang pernah berbelanja di situs itu sebelumnya. Tanggapan pelanggan yang positif adalah tanda bahwa situs ini memang terpercaya. Jika ada ulasan yang negatif? Pertimbangkan seberapa profesional situs tersebut menanggapinya.

2. Kamu akan malas membaca peraturan kebijakan situs. Lawan rasa malas itu.

Kamu suka malas membaca dengan teliti peraturan dalam bertransaksi. Memang sih, bahasanya yang kaku dan isinya yang element akan membuat kita lebih suka asal pencet “Ya, saya setuju” saja. Padahal, hanya dengan menyimak peraturan ini kamu bisa mengetahui apa yang harus kamu lakukan ketika kejadian yang tidak menyenangkan terjadi. Misalnya, kalau ternyata barang yang kamu pesan tidak sesuai dengan harapanmu, kamu jadi tahu bagaimana mengembalikannya. Kalau ternyata situs itu tidak menyediakan peraturan tentang pengembalian barang? Kamu jadi bisa lebih hati-hati dan mungkin malah membatalkan transaksi sekalian.

Baca juga :  Peluang bisnis on-line tanpa modal

Perhatikan juga bagaimana situs tersebut menjaga knowledge pribadimu. Penting bagimu untuk menyimpan baik-baik segala informasi tentangmu. Kalau kamu nggak suka ditanya tentang identitas diri oleh orang asing di jalan, tentu kamu nggak boleh sembarangan membagikannya di web, dong?

Options-tips belanja on-line agar tidak kena tipu

Options-tips belanja on-line agar tidak kena tipu

Nah, sekarang, jangan malas membaca peraturan seperti di bawah ini lagi, ya!

3. Jangan tergiur dengan harga barang yang murah. Pastikan kalau barang itu punya kualitas.

Penting untuk diingat, jangan tergiur dengan harga murah yang diberikan situs tersebut. Kalau kamu mau membeli barang, jangan hanya perhatikan harga, tapi perhatikan kualitas barang tersebut. Kamu pasti punya alasan kenapa kamu membeli barang tersebut secara on-line. Harga boleh murah, tapi kalau kualitas murahan? Nanti menyesal, loh…

Ini terutama berlaku ketika kamu mau membeli barang elektronik. Ada toko on-line yang memasang harga jauh di bawah harga pasar. Kamu harus benar-benar pastikan bahwa barang yang dijual itu “beres”. Lihatlah ulasan dari pembeli sebelumnya: apakah barang yang dijual asli atau palsu? Jika kamu membeli barang bekas, apakah garansi produk itu masih berlaku?

4. Jangan gampangkan rincian produk yang tersedia

Di setiap situs jual-beli pasti ada rincian produk yang akan kamu beli. Kalau kamu tertarik membeli barang keperluan rumah tangga, pastikan barang tersebut dalam kondisi baik. Perhatikan ukuran barang yang ada di gambar, dan perkirakan produk itu sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau masih ragu, jangan malu bertanya langsung ke toko on-line tersebut.

5. Belanja baju, celana, atau sepatu? Teliti dulu ukuran yang sesuai badanmu

Baca juga :  Analisis SEO antara Wordpress dan Blogspot

Kalau mau belanja baju, jangan salah beli ukuran dan mannequin. Jangan langsung beli karena baju itu terlihat bagus atau “lucu”. Yang bagus di badan mannequin belum tentu pas di badanmu. Mannequin yang di foto itu ‘kan mbak-mbak tinggi, putih, dan cute. Nah, kamu tinggi, putih, dan cute juga, nggak? Intinya, periksalah apakah ukuran lingkar dada, pinggul, dan pinggang yang tertera di situs tersebut sesuai dengan ukuran yang kamu miliki. Perhatikan juga apakah situs itu menggunakan standar ukuran Amerika, Inggris, atau Eropa.

Nggak cuma baju, belanja sepatu juga harus begitu. Perhatikan ukuran dan bahan yang tercantum di rincian produk.

6. Pilihlah situs yang menyediakan fasilitas pembayaran COD (Money On Supply)

Money on Supply atau sistem bayar langsung saat kamu terima barang bisa memperkecil risiko pembelian barang secara on-line. Sistem ini baru menjamur 2 tahun terakhir, dan awalnya hanya untuk kota-kota besar. Tapi kini banyak juga kok situs belanja on-line yang menyediakan sistem COD di kota-kota kecil di Indonesia.

Kalau daerah tempat tinggalmu memang jauh dari jangkauan space COD, pilih saja jalur pembayaran lain yang aman: kartu debit. Kalau terpaksa memakai kartu kredit, jangan pernah berikan nomor kartumu di surat elektronik. Ada banyak program di dunia maya yang bisa mendeteksi nomor kartu kredit dan melakukan penipuan menggunakan kartu kreditmu!

7. Kalau kamu diminta uang muka (DP), sebaiknya batalkan saja transaksinya

Beberapa penjual akan meminta kamu mengirimkan uang muka (DP) sebelum membeli barang. Kalau begini kasusnya, sebaiknya batalkan saja transaksimu. Ini bisa jadi adalah skema penipuan. Kalau kamu asal percaya, bisa-bisa kamu menjadi korban berikutnya.

Baca juga :  Sifat yang Membuat Anda Gagal dalam Promosi kenaikan posisi

8. Lihat tanda kunci di standing bar untuk memastikan situs yang kamu pilih itu aman

Penting untuk kamu ketahui: situs yang aman adalah situs yang mempunyai SSL (Safe Sockets Layer). Situs yang punya SSL pasti diawali dengan “https://”. Ketika kamu mengaksesnya, akan ada simbol gembok di ujung standing bar peramban kamu. Jadi, kalau kamu buka situs belanja on-line yang nggak bertanda gembok, jangan pernah membeli apapun dari situs tersebut.

9. Bandingkan harga barang di suatu situs dengan situs belanja on-line yang lainnya

Setiap situs belanja on-line pasti punya perbedaan dalam segi harga barang, ongkos bungkus, dan ongkos kirim. Bandingkan harga whole suatu barang di situs A dengan situs B, C, dan D. Pilih harga terbaik yang bisa kamu dapatkan.

10. Simpan bukti transaksimu. Jangan sampai itu terselip!

Langsung simpan dengan baik bukti transaksi yang kamu punya. Jangan biarkan tercecer, lebih lagi hilang. Selain itu, simpan juga knowledge tentang deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, serta salinan percakapan elektronik antara kamu dan si penjual. Ketika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan, kamu bisa minta ganti rugi dengan gampang.

Nah, gimana guys? Apakah kamu sepakat kalau kamu perlu jadi pembeli yang lebih cerdas? Adakah suggestions lain yang belum Ini ada web optimization paparkan disini? Kalau iya, jangan lupa tambahkan di kolom komentar. Selamat berbelanja!

Nilai Kualitas Konten

2 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!